Dengan adanya sengketa yang berkelanjutan yang terjadi di Papua akibat ketidakpuasan rakyat Papua terhadap penanganan PT Freeport oleh negara Indonesia akan memicu rakyat Papua melakukan referendum. Jelas ini adalah hal yang sangat perlu untuk dihindari karena akan berdampak pada perekonomian negara, rakyat Papua ingin cepat-cepat Indonesia untuk menyelesaikan divestasi Freeport supaya masalah ini terselesaikan.

Penyebab Terjadinya Unjuk Rasa Oleh Rakyat Papua

Seperti yang sudah diberitakan di media online sudah ada seribu lebih karyawan PT Freeport yang sudah dirumahkan, hal ini jelas akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi karyawan yang masih bekerja. Mereka jelas akan merasa ketakutan karena takut akan bernasib sama dengan pekerja yang sudah dirumahkan sebelumnya. Jadi wajar jika para pekerja ini melakukan agar divestasi Freeport dilakukan agar saham bukan dimiliki oleh satu orang saja.

Dengan anggapan seperti itulah banyak karyawan PT ini yang datang berbondong-bondong ke kantor kementerian ESDM untuk melakukan demonstrasi mempertanyakan bagaimana nasib mereka selanjutnya di Freeport. Memang pekerja yang sudah diberhentikan ini juga ada hubungannya dengan pemerintah buka kesalahan dari PT Freeport saja, Freeport mengeluarkan karyawan tersebut karena pemerintah membuat larangan mengekspor mineral mentah.

Pemerintah membuat larangan tersebut bukan untuk merugikan rakyat Papua malah ingin menyejahterakan rakyat Papua ini. Karena dengan adanya larangan ini mineral yang hasil penambangan PT Freeport jadi masuk ke dalam negeri semuanya, jelas ini akan menjadi sumber pendapatan terbanyak bagi negara. Ini juga merupakan cara untuk pemerintah bisa membeli saham dari Freeport supaya kendali penuh dari PT ini bukan saja dipegang oleh perusahaan asing saja.

Memang tujuan dari pemerintah itu baik dan bukan merugikan rakyat tetapi jika ini dilihat dari sudut pandang Freeport jelas ini hal yang sangat merugikan. Karena pemasukan dari Freeport ini sudah tidak banyak lagi dan pengeluaran bukannya menjadi berkurang malah menjadi bertambah. Dikarenakan hal inilah Freeport melakukan divestasi Freeport untuk menjual saham mereka supaya kerugian tertutupi dan proses penambangan bisa berlanjut lagi.

Author