Kalau soal urusan liburan, pasti jadi semangat membahasnya. Siapa yang tidak suka berlibur? Semua suka liburan. Bisa mengajak seluruh anggota keluarga, atau hanya dengan pasangan saja agar lebih romantis. Tapi diluar itu semua, berlibur adalah sesuatu yang paling menyenangkan dari rangkaian seluruh aktivitas yang pernah dilakukan. Dan saran liburan yang paling menyehatkan adalah liburan sambil main air. Kenapa begitu? Pakar Biologi Laut pernah mengatakan bahwa air menutupi hampir 70% permukaan bumi, ini sama halnya dengan 70% bagian dari tubuh manusia yang terdiri dari air, hubungan korelasi biologis inilah yang merespons otak ketika melihat air laut yang luas. Ada perasaan damai dan tenang yang berdampak pada kesehatan.

Pilihan Liburan Air Yang Menyehatkan

Ternyata melihat air dapat menstimulasi otak mengalirkan gelombang neurokimia hingga ke jantung. Alhasil, kita akan merasakan efek relaksasi dan tubuh meresponsnya dengan meningkatkan ketenangan hati dan membangkitkan kesegaran tubuh. Apalagi bila tubuh terendam di dalam air hangat, dapat membantu mengobati penyakit neurologi dan menurunkan tekanan darah.

Beberapa arena liburan yang bisa dilakukan sambil main air adalah berenang atau bermain di pantai. Sedangkan kegiatan air yang lebih sportif seperti mendayung, menyelam, dan arung jeram, mampu meningkatkan kemampuan yang memicu kemampuan kesehatan fisik, serta kemampuan kognitif, psikologi, dan emosional, yang memicu kesehatan spiritual.

Hubungan yang sensitif dengan air dan melakukan aktivitas air ternyata mampu memberikan manfaat yang lebih besar terhadap kesehatan daripada melakukan olahraga biasa. Kita akan merasa lebih sehat setelah menghabiskan waktu di air. Ditambah lagi setelah berlama-lama dengan air, akan berpotensi meningkatkan blue mind. Yaitu pikiran meditatif yang berdampak pada ketenangan, kedamaian, penyatuan, dan kebahagiaan.

Jadi, apabila sedang merencanakan liburan sekaligus memberikan efek sehat, sebaiknya dimulai dengan destinasi pilihan yang bernuansa air. Bisa pantai, danau, air terjun, atau bisa juga berlibur dengan datang ke wahana kolam air raksasa dimana kita bisa berenang menghabiskan waktu seharian di sana.

Author