Sebuah desa dapat berkembang serta memiliki perekonomian yang adil dan makmur apabila pemerintah dan warganya dapat bergotong – royong membangunnya. Apabila Anda ingin membangun desa, Anda bisa memulainya dari diri sendiri dan berani melakukan perubahan. Dalam situs ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar inspirasi para pemuda yang berhasil membangun desanya. Salah satu contohnya adalah pemuda yang berhenti jadi pilot demi menjadi pembuat perhiasan perak di desa. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah inspirasi bagi Anda yang ingin membuat desa Anda semakin maju dalam bidang ekonomi. Dibutuhkan pemuda – pemuda yang memiliki visi dan misi dalam melakukan perubahan untuk desanya demi kesejahteraan warganya.

Kembangkan Usaha Anda Mulai dari Nol

Disini Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang dapat dijadikan inspirasi untuk Anda memajukan desa Anda. Salah satu usaha yang dapat Anda lakukan yaitu dengan cara membuka usaha kecil dimana Anda sebagai bosnya. Ya, berwirausaha adalah salah satu kunci yang bisa mendongkrak roda perekonomian di suatu desa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti yang terinspirasi dari kisah pemuda yang berhenti jadi pilot demi menjadi pembuat perhiasan perak di desa:

  • Temukan Potensi Desa Anda

Langkah awal yang harus Anda ketahui adalah potensi yang desa Anda miliki. Sebuah desa biasanya memiliki hasil pertanian atau memiliki potensi tertentu. Sebagai contoh, di daerah Dieng banyak terdapat petani salak, sebagai pemuda yang berinovasi Anda bisa membuka usaha makanan ringan yang berbahan baku salak.

  • Atur Usaha Anda

Sebelum memulai usaha tentu Anda harus mengetahui manajemen usaha Anda agar semuanya berjalan lancar. Hitunglah modal yang Anda perlukan terlebih dahulu sehingga Anda bisa menetapkan besaran untung yang Anda dapatkan.

  • Tetap konsisten

Memiliki usaha harus menjaga konsistensi agar semuanya berjalan dengan baik. Jika Anda sudah memulai usaha tetap konsisten dengan tidak mengubah kualitas sehingga para pelanggan akan selalu loyal terhadap Anda.

Demikianlah beberapa tips untuk mengembangkan usaha di desa. Dapatkan informasi lengkapnya seputar program – program desa hanya di berdesa.com.

Author