Menjaga kesehatan kulit bukan hanya berbicara tentang kesehatannya namun juga kecantikan kulit sendiri. Kulit ibarat cashing atau bagian luar tubuh manusia. Memiliki kulit yang bersih, halus, terawat adalah impian semua orang. Tak hanya perempuan namun juga laki – laki.

Cara Merawat Kulit yang Sehat

Merawat kulit dapat dilakukan dari dalam maupun dari luar tubuh. Menjaga kulit dari dalam menggunakan konsumsi vitamin. Sedangkan menjaga kesehatan kulit dari luar dengan menggunakan produk kosmetik serta menjaga kebersihan. Tips berikut ini dapat dilakukan agar kulit tetap sehat terawat.

  1. Mandi Dua Kali Saja

Terlalu sering mandi juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Sabun mandi mengandung zat yang dapat mengurangi produksi minyak alami dari kulit. Mandilah secukupnya sebanyak yang dianjurkan yaitu dua kali sehari. Boleh melebihi jika memang sanat diperlukan atau mendesak. Jika tidak lebih baik jangan.

  1. Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Sama halnya dengan mandi, cucilah muka dengan sabun dua kali saja. terlalu sering mencuci muka dengan sabun juga akan menyebabkan kulit wajah kering. Kulit yang kering dapat mengelupas dan menyebabkan iritasi. Iritasi menyebabkan wajah merasa perih.

  1. Menjaga Kebersihan Handuk

Handuk merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan tubuh ketika kulit tubuh lembab. Bakteri yang tersimpan dalam handuk yang basah akan berkembang cepat. Cucilah handuk Anda secara teratur agar kebersihannya terjaga.

  1. Mengonsumsi Air Putih

Kebutuhan tubuh terhadap air sebanyak dua liter sehari atau setara dengan 8 gelas ukuran 250 ml. Tubuh yang hampir 80% terdiri dari air memerlukan kebutuhan air sebanyak itu. Mengonsumsi banyak air putih akan menjadikan kulit segar, tidak kusam dan tidak kering. Hal ini karena, kulit tidak mengalami dehidrasi ketika kebutuhan air tercukupi dengan baik.

  1. Mengonsumsi Vitamin C

Konsumsilah vitamin C dari buah – buahan. Mengonsumsi air lemon, jeruk, mangga , jambu dan pepaya dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C juga dapat membantu kulit menjadi lebih cerah.

Author