Salah satu sub ujian yang diujikan pada tes psikotes adalah tes EPPS atau Edward Personal Preference Schedule. Tes ini merupakan tes yang paling berbeda jika dibandingkan dengan tes lainnya, karena tes ini berisikan jawaban-jawaban yang mencerminkan sifat dari masing-masing individu. Misalnya terdapat dua pilihan jawaban :

  • Saya lebih suka menyendiri
  • Saya akan melakukan perjalanan bersama keluarga sebulan sekali

Dari dua jawaban itu sangat sulit untuk diakali jika dibandingkan beberapa tipe soal sebelumnya, karena jawabannya berisi pengalaman yang mencerminkan kepribadian kita. Hanya beberapa tips berikut yang bisa dicoba untuk menghadapi tes ini.

Jawablah Dengan Jujur

Pilihlah jawaban-jawaban yang paling menggambarkan diri kita, jika tidak ada pilihlah minimal yang paling mendekati karakter Anda. Jangan sekali-sekali untuk menjawab secara tidak jujur karena jawaban antara satu nomor dengan nomor lainnya akan dianalisa. Jika analisa dari jawaban-jawaban tersebut tidak sinkron satu sama lain maka akan merugikan Anda.

Sesuaikan Dengan Posisi Yang Ingin Ditempati

Maksudnya adalah dalam mengikuti tes psikotes sub ujian tes EPPS sesuaikan dengan posisi yang akan kita tempati. Misalnya Anda menginginkan posisi di bagian data, maka pilihlah jawaban yang mengarahkan Anda seolah-olah seseorang yang memiliki ketelitian dan keuletan yang tinggi.

Memperbaiki Diri

Pada akhirnya tes EPPS ini merupakan salah satu tes yang sangat sulit untuk dikelabui, oleh karenanya salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah terus memperbaiki diri, menjadi pribadi yang lebih jujur, bertanggung jawab, adil, tekun dan teliti dan sebagainya lagi. Memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tetapi jika Anda mendapat informasi ini jauh-jauh hari Anda bisa mulai mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi.

Tes EPPS merupakan salah satu bagian dari tes psikotes yang paling sulit untuk diakali, akan tetapi sulit diakali berarti sulit untuk dilalui, buktinya tetap saja ada orang yang mampu melewati tes ini. yang perlu Anda perhatikan adalah saran nomor 3 agar Anda terus memperbaiki diri dalam rangka menghadapi psikotes dan kehidupan.

Author