Apa saja bisa terjadi menimpa perabot furnitur di rumah kita. Kotor, debu, terkena tumpahan makanan, rayap, atau bahkan terkena noda minuman berwarna yang memerlukan penanganan ekstra yang bikin pusing kepala membersihkannya. Apalagi kalau itu menimpa mebel Jepara terbaru yang baru saja dibeli, aduh serasa ingin pingsan.

Cara Merawat Mebel Jepara

Tapi eits, tunggu dulu. Ini ada beberapa tips cara perawatan yang bisa diandalkan mengurusi perabot rumah tangga khususnya berbahan kayu yang penuh dengan ukiran antik.

  1. Sebaiknya letakkan mebel pada suhu ruang antara 25 derajat Celsius sampai dengan 35 derajat Celsius dengan kondisi ruangan selalu kering dan bersih. Jangan sampai ruangan menjadi lembab karena ini akan mengundang berkembang biaknya rayap sekaligus mempercepat proses oksidasi pada kayu. Tapi jangan juga sampai furnitur terkena sinar matahari langsung, selain membuat permukaan mebel menjadi cepat kusam, batang kayu akan melengkung dan lapisannya mudah retak.
  2. Secara rutin bersihkan permukaan mebel Jepara kesayangan dari debu ringan dengan kemoceng. Sebaiknya hindari menggunakan lap, karena tanpa sadar lap bisa membuat permukaan mebel menjadi tergores halus.
  3. Pakailah kuas kecil halus untuk membersihkan sela-sela ukiran yang sedikit rumit sudut-sudutnya.
  4. Sebaiknya letakkan kain taplak pada permukaan atas meja kayu, ini untuk meminimalisir terjadinya goresan akibat benda yang diletakkan di atas meja.

Bahan-Bahan Pembersih Furnitur Kayu

bahan untuk membersihkan furniture dari kayu itu sebagai berikut:   

  • Biji kemiri. Bakar biji kemiri antara 5 – 10 butir sampai keluar minyaknya lalu bungkus dengan kain dan hancurkan dengan cara ditumbuk dalam kain tersebut. Segera gosok mebel dengan kain yang masih terdapat kemiri di dalamnya tadi, seketika mebel mengkilap seperti baru lagi.
  • Tepung kanji, tepung sagu, dan tepung maizena. Caranya taburkan tepung di atas permukaan furnitur yang terkena telapak tangan, kemudian gosok dengan sponge lembut.
  • Pasta gigi atau washing soda. Ini untuk membersihkan noda air yang membandel. Oleskan pasta gigi pada kain basah kemudian gosok pada mebel Jepara yang terkena noda. Dijamin bersih kembali.
Author