Tidur yang baik tidak hanya tidur cukup selama 8 jam sehari namun juga memiliki faktor-faktor lainnya yang menunjang kesehatan tubuh. Tidur yang bermanfaat adalah tidur yang sehat dan berkualitas dan tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Ketika kita tidur, semua otot yang ada di dalam tubuh kita diharuskan rileks untuk dapat mendapatkan kualitas terbaik dari tidur tersebut. Tidak hanya otot, pikiran juga diharuskan rileks.

Tips Tidur yang Baik untuk Menjaga Kesehatan

Meski begitu, ketika kita tidur ada aktivitas lain dalam tubuh yang terjadi. Oleh karenanya kita harus melakukan hal-hal yang diperlukan untuk dapat membuat tidur yang kita lakukan akan lebih sehat dan berkualitas.

  • Buang Air Kecil sebelum Tidur

Sungguh tidak nyaman bukan ketika kita sedang tidur nyenyak tiba-tiba terbangun di tengah malam untuk buang air kecil? Selain demi kenyamanan tidur, buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur dapat membantu kantung kemih untuk dapat bekerja lebih maksimal.

  • Gosok Gigi sebelum Tidur

Saat malam hari, kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut akan menggerogoti sisa makanan yang menyelip di gigi sehabis makan malam dan merusak sistem jaringan gigi kita, oleh karenanya sikat gigi sebelum tidur dapat dilakukan untuk membunuh atau paling tidak menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut.

  • Tidur Siang

Jika kamu memiliki insomnia atau sulit tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang. Tidak perlu lama-lama, tidur siang yang berkualitas dapat dilakukan selama lima belas menit sampai empat puluh lima menit saja. Tidur siang akan membantu pikiran kita agar lebih ringan dan rileks, serta membuat tubuh menjadi lebih segar kembali.

  • Bersihkan Badan sebelum Tidur

Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membuat otot dan pikiran lebih rileks sehingga tidur pun akan lebih berkualitas. Namun tidak semua orang ingin mandi atau memiliki riwayat penyakit yang tidak memperbolehkan untuk mandi di malam hari. Oleh karenanya, tidak harus bermakna mandi, membersihkan badan yang dimaksud dapat sekedar dilakukan dengan mencuci muka, tangan, dan juga kaki dengan air bersih.

Sekian tips melakukan aktivitas tidur yang baik dan sehat, semoga dengan tips ini tidur kita dapat mengubah pola tidur yang kurang baik menjadi lebih sehat, bermanfaat, dan berkualitas

Author