Usia muda masih memiliki semangat yang besar untuk menjadi seseorang yang produktif. Banyak kalangan muda yang telah sukses berbisnis menjadi seorang entrepreneur muda. Pengetahuan tentang bisnis juga semakin mudah didapatkan. Anda bisa mengamati cara bisnis seseorang atau belajar langsung dengan motivator dan narasumber bisnis. Tidak perlu merasa terhalang modal, banyak bisnis modal kecil yang menguntungkan untuk Anda jalankan. Terpenting adalah niat Anda bersungguh-sungguh untuk menjadi seorang pebisnis muda.

Rekomendasi Bisnis Untuk Anak Muda

Menjadi seorang pebisnis tentunya harus memiliki mental dan jiwa yang besar. Akan ada kegagalan yang menghantui bisnis Anda. Namun tidak perlu takut, kegagalanlah yang justru menjadi batu loncatan Anda agar lebih baik lagi. Nah, mengenai jenis bisnis modal kecil yang menguntungkan, berikut ini beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dijalankan oleh kalangan muda.

  • Bisnis makanan

Makanan ringan maupun makanan berat menjadi hal yang pokok. Resepnya bisa Anda buat sendiri atau Anda inovasikan agar lebih menarik. Anda dapat buka di lokasi yang strategis dan di tengah keramaian. Modal bisa patungan dengan rekan Anda atau meminjam ke bank maupun kerabat terdekat.

  • Menjadi desainer

Bakat untuk mendesain pakaian bisa Anda gali lebih dalam. Anda bisa mendesain baju dan kemudian bisa Anda tunjukan ke produsen baju untuk mempertimbangkan karya Anda. Memang tidak mudah. Atau Anda bisa mencoba untuk memproduksi baju dengan rancangan Anda sendiri.

  • Jasa Katering

Hobi memasak? Asah hobi Anda dan gunakan sebagai modal bisnis Anda. Jasa katering bisa Anda kembangkan sedikit demi sedikit. Terpenting adalah jangan sampai mengecewakan pelanggan. Karena pelangganlah yang akan turut serta mengembangkan bisnis katering Anda.

  • Jasa cuci kendaraan

Banyak orang yang tidak sempat mencuci kendaraannya sendiri dan mungkin terbatas peralatannya. Nah, Anda sebagai pemuda bisa melihat peluang tersebut sebagai bisnis. Mulailah dengan tempat yang sederhana dan kendaraan seperti motor saja. setelah Anda mendapat banyak modal, dapat Anda kembangkan dan perbaiki tempat bisnis Anda.

Anda bisa membaca referensi mengenai bisnis di Enationalist atau kunjungi websitenya.

Author