Pada suatu saat mungkin Anda diharuskan untuk menyewa bus karena kebutuhan tertentu, entah untuk urusan wisata atau untuk urusan keluarga. Sebelum Anda menyewa bus selain perhatikan harga sewa bus yang ditawarkan oleh agen, beberapa hal lainnya juga harus Anda perhatikan. Karena jika Anda terlalu menganggap remeh beberapa hal lain tersebut, bisa jadi Anda akan dirugikan, entah rugi secara materi ataupunĀ  rugi secara waktu. Jadi simak ulasan berikut sebelum Anda melakukan penyewaan bus.

Waktu Reservasi

Yang pertama kali harus Anda siapkan betul adalah waktu untuk melakukan reservasi atau pemesanan. Sebisa mungkin Anda melakukan reservasi jauh sebelum Anda memakai bus penyewaan, sebaiknya lakukan reservasi dua minggu sebelum keberangkatan. Reservasi sedini mungkin adalah usaha untuk berjaga-jaga, jika ternyata pada tanggal Anda melakukan perjalanan ternyata bus yang dipesan tidak tersedia. Jadi Anda masih memiliki cukup waktu untuk mencari agen penyewaan bus lainnya.

Selain waktu reservasi Anda juga harus bisa memastikan waktu keberangkatan bus, jangan sampai nantinya Anda harus mengubah jadwal keberangkatan. Karena tidak menutup kemungkinan jika Anda mengubah jadwal keberangkatan armada bus tidak tersedia.

Ukuran Bus

Setelah memastikan tanggal keberangkatan yang selanjutnya harus dipersiapkan adalah ukuran bus yang akan dipesan. Ukuran bus akan berpengaruh terhadap harga sewa bus, sehingga Anda harus memastikan berapa orang yang akan ikut dalam perjalanan tersebut. Ukuran bus sangat bervariasi mulai dari sekitar 30 orang, 50 orang sampai sekitar 80 orang. Dengan memastikan jumlah orang yang akan ikut maka Anda bisa memilih ukuran bus yang akan disewa.

Pembayaran

Yang terakhir untuk dipersiapkan adalah pembayaran sewa bus, karena ini adalah urusan yang paling krusial maka Anda harus mempersiapkannya dengan matang. Biasanya pihak agen penyewaan bus akan mengharuskan Anda membayar DP saat Anda melakukan registrasi. Biaya DP yang harus dibayarkan biasanya berkisar antara 20-25% dari harga sewa bus secara keseluruhan. Jadi Anda harus mempersiapkan uang saat melakukan reservasi. Untuk pelunasan biasanya harus Anda lakukan 3 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Author